What Is Fanfiction?

“What’s Fanfiction?”

“Apa sih fanfiction?”

Pertanyaan itulah yang akan dilayangkan oleh orang yang tidak mengerti dan kurang memahami konsep fanfiction yang sebenarnya. Aku pribadi mengenal fanfiction secara bertahap. Fanfiction yang aku baca pertama kali adalah dari fandom Naruto. Bermula dari membaca cerita yang ber-note “diluar jalan cerita yang sesungguhnya”, aku mulai memahami fanfiction. Tapi tidak untuk sebagian orang yang terkadang langsung mengecam sebelum memahami.

Berikut adalah keterangan mengenai Fanfiction dari berbagai sumber. Untuk kalian yang ingin tahu tentang fanfiction, this is for you.

FAN FICTION

Fan Fiction atau biasa disebut fanfic, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.

Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka. Fanfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya.

Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya.

RATING
Rating adalah klasifikasi berdasarkan adegan, penggunaan bahasa, dan unsur-unsur lain yang berada dalam sebuah fanfic.
Rating yang digunakan secara keseluruhan (Indonesia & Internasional):
~ G = General
~ PG-13 = Parent’s Guidance 13
~ PG-15 = Parent’s Guidance 15
~ NC-17 = No Child 17
~ NC-21 = No Child 21
~ R = Restricted
~ T = Teenager
~ M = Mature

LENGTH

~ Drabble
Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat berjumlah 100-200 kata, yang penting drabble itu sangat pendek.

~ Ficlet
Lebih panjang dari drabble, tapi masih sangat pendek. Lebih pendek dari oneshot yang bisa mencapai 2,000-3,000 kata.

~ Oneshot
Dalam dunia penulisan biasa, dikenal sebagai cerpen. Jumlah kata bisa beribu-ribu, asal langsung tamat.

~ Double shot / Two shots
Cerita yang terdiri atas dua bagian.

~ Short story
Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter/section/part lebih sedikit dari “Chaptered Fic”. Short story biasanya terdiri dari 4-5 shots saja.

~ Songfic
Cerita yang dituliskan dari lagu. Jadi setiap 1-2 kalimat dari lirik lagu, dibuat adegan cerita.

~ Chaptered / Series Fic
Seperti novel. Memiliki banyak sekali chapter, konflik boleh lebih dari satu.

~ Universe
Ruang, tokoh, dan inti cerita sama, tapi tiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Bisa membaca salah satu saja tanpa membaca cerita yang lain. Bisa dibaca satu aja sebagai oneshot. Kalau contoh dalam komik, misalnya Kobo-chan (LOL XD, contoh yang aneh). Tokoh dan konteksnya sama walaupun banyak bagian dalam komik itu, tetapi kita bisa tetap mengerti walau hanya membaca satu bagian saja karena ceritanya tidak bersambung.

~ Crossover
Fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Prince of Tennis.

GENRE

~ Romance
~ Angst / Tragedy
~ Crack / Humor
~ Family
~ AU [Alternate Universe: universe dimana para tokohnya memiliki latar atau pun keadaan yang sama sekali berbeda dengan aslinya. Contohnya, Kwon Boa dalam suatu fic dibuat meninggal. Padahal dalam kenyataanya masih hidup. Contoh lagi, Jaejoong TVXQ bukan menjadi anggota boyband TVXQ dalam suatu fic. Dalam fic itu, Jaejoong malah menjadi orang miskin]
~ Mystery
~ Dark
~ Fluff
~ Smut

ISTILAH – ISTILAH LAIN
~ Disclaimer : pernyataan untuk mendisclaim sesuatu dalam fanfic bahwa itu bukan orisinil milik kamu. Contohnya tokohnya, ataupun plot ceritanya.
~ Yaoi : Diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah homoseksual atau BL atau shounen-ai. Yaoi digunakan dalam fanfic untuk kondisi yang sama. Biasa juga disebut Male Slash Fic (singkatnya : pairing boy x boy)
~ Yuri: (Yuri: diambil dari istilah subgenre anime Jepang untuk menyebut kisah lesbian atau shoujo-ai. Biasa disebut Female Slash Fic. (singkatnya : pairing girl x girl)
~ Het : Heteroseksual (Pairing boy x girl)
~ Beta-read : istilah untuk membaca ulang tulisan orang lain. mengubah dan memperbaiki kesalahan diksi, struktur, penggunaan punctuation, huruf besar, keefektifan kalimat, dll. orang yang mem-beta-read dinamakan beta-reader
~ OCs : original characters (karakter orisinil / buatan author)
~ POV : Point of View. Sudut pandang yang dipakai si penulis dalam menjabarkan ceritanya.

_______________________________________________________________________

Credits :
mrz-jaereen@livejournal
fujoshi_ftw@livejournal
Tiysa@facebook
aoisugimoto@indowebster
dila@ffindo

pixiegardentime

Advertisements

7 thoughts on “What Is Fanfiction?

  1. Annyeong, kunjungan balik. Masih ingat saya? hehe
    Cingu, satu pengalaman yang mengubah diriku seutuhnya adalah fanfic. Aku mulai mengerti fanfic saat aku melihat temanku tertawa-menangis-hanya karena melihat HPnya. Katanya lagi baca fanfic. Trus aku kepo deh nyari dan ternyata nemu. Dari situlah aku tahu Kyuhyun (Aku anggap orang paling rese, nyebelin, tapi ngangenin) Super Junior dan tokoh2 lain yang aku sendiri hanya nganggap mereka OC. Eh pas ada lagu SORRY2, aku baru tahu kalau mereka artis dan langsung ngeh kalau fanfic ya cerita tentang idola. hehe
    Dari situ aku mulai banting stir dari penulis cerpen biasa jadi penulis FF. Udah ah gitu aja komennya. Maaf komen sama isi gak nyambung. Entahlah, lagi mood nulis kayaknya. Sekian-bangapta^^

    1. Annyeong, eonni! Masih inget kok, banget malah hehe. Makasih banget udah mau mampir di rumah kecilku yang masih abstrak, hehe 🙂
      Berarti eonni udah lama kenal fanfiction ya. Aku baru sekitar tahun 2010 akhir dari fandom Naruto. Tahu Super Junior sih dari lagu Sorry Sorry, tapi baru suka gara-gara Bonamana. Begitu suka sama Super Junior, aku langsung ketemu sama fanfiction-nya. Eh, jadi ikutan nulis tapi baru berani publish baru-baru ini, hehe.
      Bangapsumnida, eonni ^^

      1. Kamu harus PD saeng. Nulis FF trus publish aja, dari situ kamu bisa belajar apa sih yang di suka sama readers, trus gimana cara bikin FF yang baik. Hal yang bagus di mulai dari pengalaman. ^.^

        Kamu fandom animenya naruto ya? Aku sih bleach. hehe

        Bangapseumnida ddo, saeng-ah.

      2. Ne, eonni. Sekarang aku pingin banget belajar ^^ Jadi mulai berani publish ><
        Yep, aku sukanya Naruto. Kalau Bleach cuma sekedar tahu dikit ceritanya gimana, hehe

Leave Your Appreciation!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s