Twenty Things About rineema

CYawiQFWwAAyl7u
i’m back, yeah.

Yuhuu~

Kembali dengan post ber-tag yang sering terjadi di banyak media sosial. Sesungguhnya baru kali ini aku kena tag di blog dan ini semua karena kihyukha a.k.a Fikha (boleh banget dibaca twenty things-nya) aku kembali kemari. Berterima kasihlah padanya! (/lu kali). Nah, selalu menyenangkan untuk ikutan hal begini, jadi siapa pun yang baca bisa juga menuliskan hal yang sama di blog masing-masing.

Mulai saja!

1. Your real name?

Ani Risma Wati. Lebih sering memperkenalkan diri dengan nama Risma.

2. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?

rineema. Nama itu hadir pertama kali sebagai username twitter di akhir tahun 2009 (dan masih bertahan sampai sekarang) lalu mulai dipakai di dunia fanfiksi Korea sejak tahun 2012.
Ada satu lagi pen-name di fanfiction.net yang lebih sering terisi dengan fanfiksi untuk dunia anime-manga: Neemarishima.

3. Story behind your pen-name?

Gabungan dari nama panggilan dan nama masa kecil. Risiko punya huruf yang susah diucapkan di masa unyu dan gemesin adalah perubahan nama. Jadilah digabung saja~

4. Where to find you?

Di Universitas Airlangga untuk wujud nyatanya haha.
Di sini (yep, blog ini) untuk wujud tulisan. Juga bisa ditemukan di twitter, FMSJ a.k.a For Myungsoojung (untuk para pecinta myungstal shipper diluar sana: masih ada harapan kok /lol) , dan suka juga muncul sebagai penebar komen di IFK a.k.a Indonesia Fanfiction Kpop yang kece.

5. Why do you write?

Menulis selalu berawal dari membaca yang sepertinya tiada akhir. Dari dulu suka banget yang namanya baca cerita pendek lalu mulai ke komik, novel. Dari zaman kecil juga udah suka nulis hal remeh temeh di buku harian, berusaha nulis puisi juga, tapi baru bener-bener ‘nulis’ sejak kenal dunia Korea. Dulu alasannya sih karena pengin bikin alur cerita yang sesuai dengan imajinasi. Sekarang nulis untuk mengurai keruwetan yang ada di kepala. Apapun coba ditulis deh.

6. Where do you usually get inspiration for your writing?

Kejadian disekitar. Perubahan perasaan yang mengubah segala pandangan. Karya orang lain. Kutipan dari mana-mana. Dan banyak lagi.

7. Genre you usually write?

Dulu paling suka nulis brothership-family dengan Super Junior sebagai tokoh utama dan ngerasa aneh kalau mau nulis romance. Lalu waktu mengubah segalanya haha. Sampai sekarang masih suka family, tapi seringnya nulis romance.

8. Genre you usually read?

Fantasy, adventure, action, mystery, romance. Suka slice of life juga asal porsinya pas dan mengambil setting dari kehidupan yang simple. Begitulah.

9. Current interest in writing?

Tulisan yang apa adanya atau mungkin yang mengandung unsur sisi kehidupan yang ga pernah terpikir sebelumnya. Pengin memahami lebih jauh tentang kehidupan lewat tulisan, juga  mengembangkan ide fantasy yang menjamur. Harus bisa~

10. Your typical favorite fictional character?

Untuk cowok… straight-forward dan sarkastik? Haha. Juga yang pede dengan apa yang dia bisa. Tapi kalaupun ga pede juga akan ada orang disekitarnya yang menjadi pendukung. Nah, disinilah peran tokoh cewek yang menarik. Ga harus selalu ceria dan senang setiap saat, tokoh cewek akan menarik kalau bisa berdiri sendiri dan punya keyakinan pada apa yang dia percaya. Walau mood swing sering terjadi pada tokoh cewek, di akhir tetap dialah yang akan mendukung tokoh cowok untuk bertindak.

11. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?

Hmm, semuanya? Haha. Masing-masing punya cerita dibalik layar yang beraneka rupa juga daya tarik sendiri. Ada yang diksinya oke, konfliknya, atau peristiwanya kesukaanku. Semuanya kesayanganku~

12. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?

Diksi dan irama, mungkin. Beberapa teman dunia nyata bilang kalau tulisanku mencerminkan sosokku sesungguhnya, bagian sarkastik dan diksi. Aku sendiri suka nulis yang berirama karena pada dasarnya aku suka puisi hehe.

13. Aspects you still feel lacking?

Pembedaharaan kata. Kadang kala bingung sendiri nama beberapa benda tertentu. Juga plot. Masih harus belajar membuat plot mulus dan ga terkesan ‘tiba-tiba’. Seringnya ini terjadi karena terpaku bayang-bayang ‘cerpen’ atau ‘ficlet’, jadinya nulis pun dibatasi. Padahal tulisan sendiri, terserah juga kan mau berapa kata ._. (/nunjuk diri sendiri).

14. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?

Sewaktu nulis novel berlatar luar negeri. Risetnya kudu bener-bener niat. Menggambarkan sesuatu yang tidak pernah dilakukan atau dilihat wujudnya itu ga gampang. Makanya kalau nulis fanfik seringnya latar yang bisa dibayangkan, entah taman, cafe, rumah.

15. About your writing, what do you want to accomplish next?

Mengembangkan ide fantasy yang menjamur itu dan mewujudkannya ke dunia dalam bentuk buku yang akan dijual di toko buku.
Dan menyelesaikan tiap draft fanfik yang terbengkalai. Aku juga ingin segera menemui kalian, draft-ku, tenang saja (/mulai ngomong sendiri).

16. What is something you usually avoid when writing?

Membiarkan pikiran tenggelam dalam khayalan apa-yang-akan-terjadi-selanjutnya. Hal itu sering bikin mood bagian yang sedang dikerjakan hilang. Rasanya pena ga mau jalan lagi kalau udah begitu.
Penggunaan kata berulang-ulang kadang terpikir, tapi seringnya kata yang terulang bisa diedit diakhirlah.

17. What is something you really want to improve from your writing?

Karakterisasi dan plot. Belajar, belajar~

18. Do you have other interest aside from writing? And reasons why?

Musik klasik, terutama biola. Sedang belajar bermain alat musik gesek itu dengan baik dan pengin banget hadir di orchestra. Belajar main bareng, duet, cover atau orchestra lengkap sangat menyenangkan.

19. If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?

Proses itu selalu menyenangkan. Nulis atau main biola juga bukan sesuatu yang akan menjadi menyenangkan kalau bisa dipelajari semalam. Menurutku kemampuan belajar bahasa lain akan sangat menguntungkan kalau bisa dipelajari semalam. Beberapa waktu lalu mulai coba belajar bahasa Ceko dan Spanyol, itu pun masih sebatas kosa kata dan belum lanjut lagi.
Kenapa Ceko? Karena musik klasik yang membangkitkan selera klasikku (/?) berasal dari pemusik negara ini. Kalau Spanyol karena menurutku keahlian itu akan berguna… saat ketemu video subtitle Spanyol di youtube atau baca fanfik bahasa Spanyol di ffn hehe.

20. Protips from you for whomever read this?

Tulislah apa yang ingin kamu tulis. Sesungguhnya mencoba mengungkapkan lewat tulisan itu juga butuh latihan sama halnya dengan lewat lisan. Dengan mulai nulis apapun yang kamu pengin tulis, nantinya bisa buat nulis sesuatu yang besar. Mungkin novel atau tulisan yang mempengaruhi banyak orang :))

~***~

Waktunya nge-tag yang lain~
Dari post sebelumnya sih diminta nge-tag 10 orang, tapi apa daya orang yang kutahu sepertinya udah di tag semua. Semoga yang ini belum ya wkwk. Untuk yang pernah nge-tag di twitter alias Lika, Kak Nita, Tata, Kak Naya, semangat menjawab!

Advertisements

Leave Your Appreciation!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s